Halaman

Jumat, 03 Juni 2022

Soal Latihan PAT Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 TP 2021/2022

 Soal Latihan PAT/UKK Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 TP 2021/2022



Kembali lagi Sahabat Rumah Belajarku, bagi orang tua atau guru kelas yang ingin mempersiapkan anak anaknya dalam PAT (Penilaian Akhir Tahun) Semester 2 TP 2021/2022, Rumah Belajarku menyediakan soal latihan PAT/UKK untuk Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013. Untuk melatih dan menyiapkan mental bagi anak-anak, bisa sebagai panduan orang tua / guru, soal latihan disertai dengan kunci jawaban.
Berikut  soal Latihan PAT/UKK Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI TP 2021/2022 Kurikulum 2013 :


UMAHSINAUKU.BLOGSPOT.COM

LATIHAN SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SD/MI

TAHUN PELAJARAN ……. / …….

Mata Pelajaran : Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku

Tahap 1 : PPKn & Bahasa Indonesia

K e l a s : IV (Empat)

Hari / tanggal : …………….., ……….

W a k t u : ………………….

 


I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A , B , C atau D di depan jawaban yang paling tepat !

PPKn ( KD 3.3)

1.      Cara menghargai keberagaman agama yang ada dengan cara ….

A.    pura-pura tidak tahu

B.     mengikuti ibadah agama orang lain

C.     mengotori tempat ibadah agama orang lain

D.    tidak gaduh jika ada orang lain yang beribadah

2.      Meskipun berbeda hobi di dalam keluarga tetap harus hidup saling ….

A.    bermusuhan

B.     rukun dan damai

C.     bertengkar

D.    sendiri

3.      Kemungkinan yang akan terjadi apabila kita tidak memiliki sikap toleransi beragama adalah ….

A.    terjadi perdamaian

B.     perselisihan antar agama

C.     kesejahteraan bangsa

D.    persahabatan antar agama

4.      Keberagaman suku atau etnik yang berbeda-beda dapat kita jumpai di daerah ….

A.    perkotaan

B.     perbukitan

C.     pedesaan

D.    pegunungan

5.      Meskipun berbeda-beda dalam fisik, kegemaran daam keluarga kita harus saling ….

A.    bertengkar

B.     ribut

C.     menghargai

D.    marah

6.      Manfaat dari keragaman karakteristik setiap individu tersebut di bawah ini, kecuali ….

A.    dapat belajar saling menghargai karakter setiap individu

B.     belajar bersosialisasi dan bertoleransi

C.     menumbuhkan sifat individualise

D.    saling melengkapi sesame individu

7.      Contoh sifat peduli kepada sesama teman, kecuali ….

A.    membiarkan teman yang kesulitan belajar

B.     menolong teman yang memerlukan pertolongan

C.     bergaul dengan semua teman

D.    menghargai semua teman

8.      Yang dimaksud dengan mengakui persamaan derajat dan persamaan hak antara sesame manusia  adalah bahwa manusia ….

A.    memiliki kedudukan yang sama dalam masyarakat

B.     merupakan makhluk yang sama dalam masyarakat

C.     harus diakui keberadaannya dalam keluarga

D.    memiliki harkat dan martabat

 

9.      Cara untuk menghargai keberagaman suku di sekitar kita adalah ….

A.    menjadi yang paling baik

B.     menonjolkan kelebihan suku sendiri

C.     menghina suku lain karena merasa lebih baik

D.    hidup berdampingan dengan rukun

10.  Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian bahwa ….

A.    keberagaman budaya, namun tetap satu kesatuan

B.     sekalipun berbeda-beda tetapi tetap satu juga

C.     sekalipun berbeda-beda bahasa, namun tetap satu suku saja

D.    sekalipun wilayahnya terpencar, namun tetap satu juga

11.  Agar tercipta kerukunan di sekolah, setiap siswa perlu menjadikan perbedaan sebagai sarana ….

A.    memicu pertikaian

B.     membeda-bedakan teman

C.     tidak mau bekerja sama

D.    saling mengenal dan menghargai

12.  Contoh kerja sama di lingkungan sekolah adalah ….

A.    mengerjakan ulangan

B.     melakukan protes kepada guru

C.     kerja bakti di kampong

D.    melaksanakan piket kelas

13.  Dalam suatu diskusi kelompok terjadi perselisihan pendapat. Pihak-pihak yang berdiskusi bersikeras mempertahankan pendapatnya. Jika dibiarkan, mungkin akan terjadi perkelahian. Dalam situasi ini, sikap yang sebaiknya dilakukan peserta diskusi adalah ….

A.    mengusulkan pemungutan suara terbanyak

B.     membenarkan pendapat yang lebih pintar

C.     mendukung pendapat yang lemah karena rasa kasihan

D.    membiarkan adanya perbedaan yang terjadi

14.  Baju adat Sumatera Barat adalah ….

A.    kebaya

B.     ulos

C.     sangkarut

D.    pattuqduq towaine

15.  Terhadap keberagaman pakaian adat di daerah kita wajib ….

A.    menghina

B.     melupakan

C.     melestarikan

D.    biasa saja

BAHASA INDONESIA ( KD 3.9)

Bacalah cerita berikut ini !

Disuatu kampung yang damai, hidup sepasang suami isteri yang miskin. Mereka tinggal di sebuah gubug berdinding kulit kayu dan beratap rumbia di pinggir hutan. Sebagian atapnya sudah berlubang. Jika hujan datang, suami isteri itu sibuk menambal atap tersebut dengan daun-daunkayu yang besar.

16.  Berdasarkan kutipan di atas, latar ceritanya adalah …

A.    desa yang ramai

B.     kota yang ramai

C.     suatu kampung di pinggiran hutan

D.    negeri yang aman dan damai

17.  Jika kejadian dalam cerita diceritakan dari akhir menuju awal, berarticerita tersebutmenggunakan alur ….

A.    maju

B.     mundur

C.     campuran

D.    gabungan

18.  Cerita rakyat dari Kalimantan Barat adalah ….

A.    Batu Menangis

B.     Andhe - andhe Lumut

C.     Bawang Merah dan Bawang Putih

D.    Tangkuban Perahu

19.  Perhatikan cuplikan penggalan cerita berikut ini !

Suatu hari, Semut Merah melihat seorang pemburu. Ia membidikkan senapannya kearah seekor burung yang bertengger di sebuah dahan pohon. Cepat-cepat Semut Merah itu menggigit kaki si Pemburu. Tembakan pemburu itupun melesat. Selamatlah burung tersebut.

 

Sifat semut dalam penggalan cerita di atas adalah ….

A.    pemberani dan penolong

B.     sadis dan pemberani

C.     penyayang dan pengecut

D.    penolong dan perusak

20.  Si Putih adalah kelinci yang nakal. Ia suka sekali mengejek binatang atau makhluk lain. Pada suatu hari suatu hari Putih mengejek Cebol. Karena marah, Si Putih diberi hukuman oleh Si Cebol. Telinga Si Putih tidak dapat dibengkokkan. Putih menjadi sedih.akhirnya telinga Si Putih dapat dilemaskan lagi setelah ia minta maaf kepada Cebol.

Judul yang tepat untuk cerita di ats adalah ….

A.    Si Putih

B.     Si Cebol

C.     Hukuman

D.    Putih Sedih   

21.  “Pak, biarlah sayayang pergi ke puncak gunung itu,” kata Si Bungsu. “Saya akan mengambil bara api ajaib itu untuk kesembuhan ibu.” Apakah kamu tidak takut dimangsa ular gaib itu?” Tanya si Sulung kepada adikny.” Tidak. Aku percaya bisamendapatkan bara api ajaib itu,” kata si Bungsu mantap. Sebenarnya si Bungsu juga merasa takut. Namun, tekad untuk menyembuhkan ibunya membuatnya nekad untuk mendapatkan bara api ajaib.

Tokoh utama cerita rakyat di atas adalah ….

A.    Ular n’Daung

B.     Si Bungsu

C.     Si Sulung

D.    Ibu

22.  Sifat Si Bungsu dalam cerita rakyat pada soal nomor 3 di atas adalah ….

A.    pemberani dan keras kepala

B.     suka iri dan dengki

C.     pemalas lagi penakut

D.    baik dan pemberani

23.  Perkenalan, pertikaian, dan penyesalan merupakan tahap-tahap dari ….

A.    latar belakang

B.     amanat

C.     alur cerita

D.    sajak

24.  Tokoh yang kehadirannya mendampingi tokoh utama disebut tokoh ….

A.    antagonis

B.     protagonis

C.     tritagonis

D.    pantologis

25.  Di sebuah hutan belantara, Singa , Si Raja Hutan sedang mengamuk. Penyebabnya adalah ketika bangun, makanan yang disajikan kepadanya kini tidak ada. Bahkan semua binatang bersembunyi ketakutan.

 

Latar tempat pada penggalan dongeng di atas adalah ….

A.    kerajaan singa

B.     tempat makan

C.     hutan lindung

D.    hutan belantara

26.  Konflik dalam cerita di atas adalah ….

A.    semua binatang bersembunyi

B.     Si Raja Hutan sedang mengamuk

C.     tidak ada makanan

D.    Singa Si Raja Hutan

27.  Keesokan harinya ia menemui Nagawiru, diserahkannya telur ayam titipan AkiBalangtrang. Nagawiru, pun mengerami telur itu. Baru saja telur itu menetas, seketika itu juga telah berubah mwnjadi jago yang gagah. “ Kukuruyuk !” suara ayam jago yang seakan menyambut Ciung Wanara.

 

Tokoh utama cerita di atas adalah ….

A.    ayam jago

B.     ayam betina

C.     Nagawiru

D.    Ciung Wanara

28.  Seekor semut dengan susah payah mendorong remah roti. Seluruh tenaga sudah dia kerahkan, tetapi roti sebesar batang korek api itu nyaris tak bergerak. Tiba-tiba, dating semut-semut lain. Mereka menyeret dan mendorong remah roti itu. Sekarang remah roti itu bisa terangkat dengan mudah.

 

Pesan yang ingin disampaikan melalui cerita di atas adalah ….

A.    Gotong royong merupakan budaya kita saja.

B.     Gotong royong merupakan pekerjaan yang baik.

C.     Pekerjaan berat terasa ringan jika dilakukan bersam-sama.

D.    Pekerjaan menjadi berat karena dikerjakan sendiri.

29.  Udin berperan sebagai tokoh antagonis dalam drama tersebut. Tokoh antagonis artinya tokoh ….

A.    utama

B.     penentang

C.     penengah

D.    figuran

30.  Asal Mula Sungai Barito termasuk cerita rakyat yang berbentuk ….

A.    fabel

B.     epos

C.     mitos

D.    legenda


Untuk lebih lengkapnya sahabat Rumah Belajarku bisa Download di link berikut ini :
Silahkan bagi yang membutuhkan Soal Latihan PAT/UKK Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI lengkap dengan kunci jawaban.

Demikian Soal Latihan PAT/ UKK Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013.
Sahabat Rumah Belajarku beri komentarnya ya semoga bermanfaat....🙏


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2 - MATEMATIKA - KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2024

  LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2 - MATEMATIKA - KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2024 Penilaian atau assesmen sumatif pada ...