Soal Latihan PAT/UKK Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Kelas 4 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 TP 2021/2022
UMAHSINAUKU.BLOGSPOT.COM
LATIHAN SOAL PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) SD/MI
TAHUN PELAJARAN ……. / …….
Mata Pelajaran : Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku
Tahap 1 : PPKn & Bahasa Indonesia
K e l a s : IV (Empat)
Hari / tanggal : …………….., ……….
W a k t u : ………………….
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf A , B , C atau
D di depan jawaban yang paling tepat !
PPKn (
KD 3.3)
1. Cara
menghargai keberagaman agama yang ada dengan cara ….
A. pura-pura
tidak tahu
B. mengikuti
ibadah agama orang lain
C. mengotori
tempat ibadah agama orang lain
D.
tidak
gaduh jika ada orang lain yang beribadah
2.
Meskipun
berbeda hobi di dalam keluarga tetap harus hidup saling ….
A.
bermusuhan
B.
rukun
dan damai
C.
bertengkar
D.
sendiri
3.
Kemungkinan
yang akan terjadi apabila kita tidak memiliki sikap toleransi beragama adalah
….
A.
terjadi
perdamaian
B.
perselisihan
antar agama
C.
kesejahteraan
bangsa
D.
persahabatan
antar agama
4.
Keberagaman
suku atau etnik yang berbeda-beda dapat kita jumpai di daerah ….
A.
perkotaan
B.
perbukitan
C.
pedesaan
D.
pegunungan
5.
Meskipun
berbeda-beda dalam fisik, kegemaran daam keluarga kita harus saling ….
A.
bertengkar
B.
ribut
C.
menghargai
D.
marah
6.
Manfaat
dari keragaman karakteristik setiap individu tersebut di bawah ini, kecuali ….
A.
dapat
belajar saling menghargai karakter setiap individu
B.
belajar
bersosialisasi dan bertoleransi
C.
menumbuhkan
sifat individualise
D.
saling
melengkapi sesame individu
7.
Contoh
sifat peduli kepada sesama teman, kecuali ….
A.
membiarkan
teman yang kesulitan belajar
B.
menolong
teman yang memerlukan pertolongan
C.
bergaul
dengan semua teman
D.
menghargai
semua teman
8.
Yang
dimaksud dengan mengakui persamaan derajat dan persamaan hak antara sesame
manusia adalah bahwa manusia ….
A.
memiliki
kedudukan yang sama dalam masyarakat
B.
merupakan
makhluk yang sama dalam masyarakat
C.
harus
diakui keberadaannya dalam keluarga
D.
memiliki
harkat dan martabat
9.
Cara
untuk menghargai keberagaman suku di sekitar kita adalah ….
A.
menjadi
yang paling baik
B.
menonjolkan
kelebihan suku sendiri
C.
menghina
suku lain karena merasa lebih baik
D.
hidup
berdampingan dengan rukun
10. Bhinneka Tunggal Ika mengandung pengertian
bahwa ….
A.
keberagaman
budaya, namun tetap satu kesatuan
B.
sekalipun
berbeda-beda tetapi tetap satu juga
C.
sekalipun
berbeda-beda bahasa, namun tetap satu suku saja
D.
sekalipun
wilayahnya terpencar, namun tetap satu juga
11. Agar tercipta kerukunan di sekolah, setiap
siswa perlu menjadikan perbedaan sebagai sarana ….
A.
memicu
pertikaian
B.
membeda-bedakan
teman
C.
tidak
mau bekerja sama
D.
saling
mengenal dan menghargai
12. Contoh kerja sama di lingkungan sekolah adalah
….
A.
mengerjakan
ulangan
B.
melakukan
protes kepada guru
C.
kerja
bakti di kampong
D.
melaksanakan
piket kelas
13. Dalam suatu diskusi kelompok terjadi
perselisihan pendapat. Pihak-pihak yang berdiskusi bersikeras mempertahankan
pendapatnya. Jika dibiarkan, mungkin akan terjadi perkelahian. Dalam situasi
ini, sikap yang sebaiknya dilakukan peserta diskusi adalah ….
A.
mengusulkan
pemungutan suara terbanyak
B.
membenarkan
pendapat yang lebih pintar
C.
mendukung
pendapat yang lemah karena rasa kasihan
D.
membiarkan
adanya perbedaan yang terjadi
14. Baju adat Sumatera Barat adalah ….
A.
kebaya
B.
ulos
C.
sangkarut
D.
pattuqduq
towaine
15. Terhadap keberagaman pakaian adat di daerah
kita wajib ….
A.
menghina
B.
melupakan
C.
melestarikan
D.
biasa
saja
BAHASA
INDONESIA ( KD 3.9)
Bacalah
cerita berikut ini !
Disuatu kampung yang damai, hidup sepasang
suami isteri yang miskin. Mereka tinggal di sebuah gubug berdinding kulit kayu
dan beratap rumbia di pinggir hutan. Sebagian atapnya sudah berlubang. Jika
hujan datang, suami isteri itu sibuk menambal atap tersebut dengan
daun-daunkayu yang besar.
16. Berdasarkan kutipan di atas, latar ceritanya
adalah …
A.
desa
yang ramai
B.
kota
yang ramai
C.
suatu
kampung di pinggiran hutan
D.
negeri
yang aman dan damai
17. Jika kejadian dalam cerita diceritakan dari
akhir menuju awal, berarticerita tersebutmenggunakan alur ….
A.
maju
B.
mundur
C.
campuran
D.
gabungan
18. Cerita rakyat dari Kalimantan Barat adalah ….
A.
Batu
Menangis
B.
Andhe -
andhe Lumut
C.
Bawang
Merah dan Bawang Putih
D.
Tangkuban
Perahu
19. Perhatikan cuplikan penggalan cerita berikut
ini !
Suatu hari, Semut Merah melihat seorang
pemburu. Ia membidikkan senapannya kearah seekor burung yang bertengger di
sebuah dahan pohon. Cepat-cepat Semut Merah itu menggigit kaki si Pemburu.
Tembakan pemburu itupun melesat. Selamatlah burung tersebut.
Sifat semut dalam penggalan cerita di atas
adalah ….
A.
pemberani
dan penolong
B.
sadis
dan pemberani
C.
penyayang
dan pengecut
D.
penolong
dan perusak
20. Si Putih adalah kelinci yang nakal. Ia suka
sekali mengejek binatang atau makhluk lain. Pada suatu hari suatu hari Putih
mengejek Cebol. Karena marah, Si Putih diberi hukuman oleh Si Cebol. Telinga Si
Putih tidak dapat dibengkokkan. Putih menjadi sedih.akhirnya telinga Si Putih
dapat dilemaskan lagi setelah ia minta maaf kepada Cebol.
Judul yang tepat untuk cerita di ats adalah ….
A.
Si Putih
B.
Si Cebol
C.
Hukuman
D.
Putih
Sedih
21. “Pak, biarlah sayayang pergi ke puncak gunung
itu,” kata Si Bungsu. “Saya akan mengambil bara api ajaib itu untuk kesembuhan
ibu.” Apakah kamu tidak takut dimangsa ular gaib itu?” Tanya si Sulung kepada
adikny.” Tidak. Aku percaya bisamendapatkan bara api ajaib itu,” kata si Bungsu
mantap. Sebenarnya si Bungsu juga merasa takut. Namun, tekad untuk menyembuhkan
ibunya membuatnya nekad untuk mendapatkan bara api ajaib.
Tokoh utama cerita rakyat di atas adalah ….
A.
Ular
n’Daung
B.
Si
Bungsu
C.
Si
Sulung
D.
Ibu
22. Sifat Si Bungsu dalam cerita rakyat pada soal
nomor 3 di atas adalah ….
A.
pemberani
dan keras kepala
B.
suka iri
dan dengki
C.
pemalas
lagi penakut
D.
baik dan
pemberani
23. Perkenalan, pertikaian, dan penyesalan
merupakan tahap-tahap dari ….
A.
latar
belakang
B.
amanat
C.
alur
cerita
D.
sajak
24. Tokoh yang kehadirannya mendampingi tokoh utama
disebut tokoh ….
A.
antagonis
B.
protagonis
C.
tritagonis
D.
pantologis
25. Di sebuah hutan belantara, Singa , Si Raja
Hutan sedang mengamuk. Penyebabnya adalah ketika bangun, makanan yang disajikan
kepadanya kini tidak ada. Bahkan semua binatang bersembunyi ketakutan.
Latar
tempat pada penggalan dongeng di atas adalah ….
A.
kerajaan
singa
B.
tempat
makan
C.
hutan
lindung
D.
hutan
belantara
26. Konflik dalam cerita di atas adalah ….
A.
semua
binatang bersembunyi
B.
Si Raja
Hutan sedang mengamuk
C.
tidak
ada makanan
D.
Singa Si
Raja Hutan
27. Keesokan harinya ia menemui Nagawiru,
diserahkannya telur ayam titipan AkiBalangtrang. Nagawiru, pun mengerami telur
itu. Baru saja telur itu menetas, seketika itu juga telah berubah mwnjadi jago
yang gagah. “ Kukuruyuk !” suara ayam jago yang seakan menyambut Ciung Wanara.
Tokoh
utama cerita di atas adalah ….
A.
ayam
jago
B.
ayam
betina
C.
Nagawiru
D.
Ciung
Wanara
28. Seekor semut dengan susah payah mendorong remah
roti. Seluruh tenaga sudah dia kerahkan, tetapi roti sebesar batang korek api
itu nyaris tak bergerak. Tiba-tiba, dating semut-semut lain. Mereka menyeret
dan mendorong remah roti itu. Sekarang remah roti itu bisa terangkat dengan
mudah.
Pesan
yang ingin disampaikan melalui cerita di atas adalah ….
A.
Gotong
royong merupakan budaya kita saja.
B.
Gotong
royong merupakan pekerjaan yang baik.
C.
Pekerjaan
berat terasa ringan jika dilakukan bersam-sama.
D.
Pekerjaan
menjadi berat karena dikerjakan sendiri.
29. Udin berperan sebagai tokoh antagonis dalam
drama tersebut. Tokoh antagonis artinya tokoh ….
A.
utama
B.
penentang
C.
penengah
D.
figuran
30. Asal Mula Sungai Barito termasuk cerita rakyat
yang berbentuk ….
A.
fabel
B.
epos
C.
mitos
D. legenda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar