Halaman

Rabu, 07 Juni 2023

LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2 PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022

  LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF TENGAH SEMESTER 2 PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2022





Penilaian atau assesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Rumah Belajarku menyediakan soal latihan Asesmen Sumatif Akhir Semester 2 (ASAS) untuk Pendidikan Pancasila  Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka. Untuk melatih dan menyiapkan mental bagi anak-anak, bisa sebagai panduan orang tua / guru, soal latihan disertai dengan kunci jawaban.

Berikut  soal Latihan Asesmen Sumatif Akhir Semester 2 Pendidikan Pancasila Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka TP 2022/2023 :

 LATIHAN SUMATIF AKHIR SEMESTER II (SAS II)

 SDN 1 KARANGNANAS

 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

Mata Pelajaran

 

: PENDDIDIKAN PANCASILA

 


Kelas

: IV (EMPAT) A

 

 

A.  Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar!

1.   Tokoh yang mengetik naskah proklamasi adalah ….

a.   Latih Hendraningrat           b. Laksamana Maeda                 c. Sayuti Melik              d. Fatmawati

2.   Berikut yang bukan  tujuan NKRI adalah …. (HOTS)

a.   membuat kaya seluruh penduduk

b.   melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

c.   memajukan kesejahteraan umum

d.   mencerdaskan kehidupan bangsa

3.   Para pemuda Indonesia dahulu melakukan sumpah pemuda agar dapat ….

a.   menjadi penguasa                         c. Bersatu mengusir penjajah

b.   terus sekolah                                 d. menjadi tantara Indonesia

4.   Para pemuda berikrar bahwa mengaku bertumpah darah yang satu, yaitu ….

a.   tanah air Sabang Merauke              c. tanah air Indonesia

b.   tanah air nusantara                        d. tanah air Jawa

5.   Organisasi yang terbentuk saat maklumat pemerintah pada tanggal 5 Oktober 1945 adalah ….

a.   BKR                       b. TKR              c. BPKKP                       d. PETA

6.   Semboyan Bangsa Indonesia adalah ….

a.   Maju Tak Gentar    b. Bhineka Tunggal Ika              c. Tut Wuri Handayani              d. Garuda Pancasila

7.   Kalimat Bhineka Tunggal Ika diambil dari kitab ….

a.   Sutasoma              b. Negarakertagama                 c. Pararaton                  d. Ranggalawe

8.   Berikut yang bukan merupakan fungsi negara adalah ….

a.   melaksanakan penertiban               c. menambah kekuasaan

b.   menegakkan keadilan                    d. mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya

9.   Perhatikan gambar berikut!


Kegiatan tersebut merupakan dampak dari ….
(HOTS)

a.   globalisasi             c. peningkatan kesejahteraan

b.   persatuan             d. majunya pendidikan

10.  Berikut ini yang bukan sikap kepahlawanan dalam kebhinekaan adalah …. (HOTS)

a.   rela berkorban                   b. cinta tanah air           c. keserakahan             d. berjiwa besar

11.  Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem merupakan contoh sikap ….

a.   bersatu                 b. cinta tanah air                       c. tanggung jawab        d. rela berkorban

12.  Rezky dikenal sebagai anak yang suka menolong. Karena sikapnya tersebut Rezky memiliki …. (HOTS)

a.   banyak teman        b. banyak musuh                      c. sedikit teman            d. banyak saingan

13.  Kata “gotong” memiliki makna serupa yakni ….

a.   menolong                                                  c. meletakkan kepentingan pribadi

b.   mengangkat atau memikul sesuatu             d. mempersatukan

14.  Berikut yang merupakan gotong royong dengan keluarga adalah ….

a.  

 
b.

c. 
d. 

 

 

15.  Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat merupakan tanggung jawab ….

a.   keluarga                b. ketua RT                   c. semua masyarakat                d. tetangga

16.  Perhatikan gambar berikut!


Hal yang dapat kita berikan sesuai gambar tersebut adalah ….

a.   doa dan semangat                     c. waktu

b.   materi                                       d. tenaga

17.  Permainan yang memerlukan Kerjasama tim adalah ….

a.   gobak sodor                       b. kelereng                   c. layang-layang                       d. dakon

18.  Di sekolah ada Ani yang berasal dari Jakarta, Mita dari Sumatera Barat dan Agung berasal dari Jawa Timur. Walaupun demikian, mereka harus hidup dengan ….

a.   rukun dan bersahabat        b. sendiri-sendiri           c. tidak mau berteman              d. pilih-pilih teman

19.  Satu nusa berarti satu ….

a.   tanah air                            b. bahasa                     c. budaya                                 d. kesatuan

20.  Manfaat dari gotong royong adalah ….

a.   menambah beban, waktu, dan biaya                       c. meningkatkan rasa persaingan antar sesama

b.   meringankan beban, waktu, dan biaya                    d. menumbuhkan rasa perselisihan antar warga

21.  Cara menumbuhkan semangat kerja sama di lingkungan sekolah adalah ….

a.   tidak masuk sekolah tanpa izin

b.   berpartisipasi secara aktif Menyusun dan melaksanakan aturan sekolah

c.   menentukan pergaulan yang bersifat positif

d.   gotong royong membersihkan lingkungan

22.  Jika ada kegiatan kerja bakti di lingkungan, Tindakan yang sebaiknya kamulakukan adalah ….

a.   tidur di rumah                                c. menonton kerja bakti

b.   bermain bersama teman                 d. ikut membantu

23.  Kerjasama atau dikenal dengan sebutan gotong royong merupakan perwujudan semangat Pancasila sila ….

a.   pertama                b. kedua                       c. ketiga                       d. keempat           

24.  Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain, adalah ….

a.   kebersamaan dan keuntungan                    c. kebersamaan dan persatuan

b.   keuntungan dan persatuan                         d. keuntungan dan balas jasa

25.  Contoh sikap yang baik dalam membina persatuan di lingkungan sekolah adalah ….

a.   berkelahi dengan teman                             c. berteman dengan siapa saja

b.   mengejek teman yang bodoh                      d. pilih-pilih teman sedarah saja

26.  Kita harus menjaga persatuan di lingkungan ….

a.   keluarga                b. sekolah                    c. masyarakat               d. semua tempat

27.  Di bawah ini yang bukan nilai-nilai luhur dari sumpah pemuda adalah ….

a.   semangat persatuan          b. cinta tanah air           c. menang sendiri                     d. toleransi

28.  Sikap toleransi mendorong untuk saling ….

a.   membenci dan menghina                           c. menghormati dan mengiba

b.   merendahkan dan mencela                         d. menghormati dan menghargai

29.  Pita bertuliskan Bhineka Tunggal Ika terdapat di Garuda Pancasila di bagian ….

a.   leher garuda          b. perisai dada garuda               c. ekor garuda               d. dicengkram kaki garuda

30.  Salah satu cara untuk menghindari perpecahan adalah mempunyai sifat ….

a.   menang sendiri                  b. toleransi                   c. tinggi hati                 d. mudah tersinggung

31.  Sebelum sumpah pemuda, bangsa Indonesia dahulu sulit mengusir penjajah. Sebabnya karena tidak adanya ….

a.   persatuan                          b. pendidikan                c. pemimpin                  d. senjata

32.  Suku Dayak berasal dari pulau ….

a.   Kalimantan                        b. Irian Jaya                 c. Sulawesi                   d. Sumatra

33.  Para pemuda Indonesia dahulu melakukan sumpah pemuda agar dapat ….

a.   menjadi penguasa                         c. bersatu mengusir penjajah   

b.   terus sekolah                                 d. menjadi tentara Belanda

34.  Para pemuda berikrar bahwa mengaku bertumpah darah yang satu, yaitu ….

a.   tanah air Sabang Merauke              c. tanah air Indonesia

b.   tanah air nusantara                        d. tanah air Jawa

35.  Permainan yang memerlukan Kerjasama tim adalah ….

a.   gobak sodor                       b. kelereng                   c. layang-layang           d. dakon

B.  Isilah titik-titik dengan jawaban yang tepat!

36.  Bentuk pemerintahan negara Indonesia adalah ….

37.  Patih kerajaan majapahit yang memiliki tekad untuk mempersatukan nusantara adalah ….

38.  Cara menyelesaikan permasalahan yang baik agar tidak terjadi perpecahan dalam masyarakat adalah ….

39.  Fakir miskin dan anak-anak yang terlantar dipelihara oleh negara merupakan bunyi pasal ….

40.  Pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan secara ….

41.  Sikap terbaik yang kamu laksanakan Ketika melihat ayah sedang membersihkan halaman rumah adalah ….

42.  Gotong royong merupakan salah satu pengamalan dari sila ke ….

43.  Melakukan pekerjaan dengan gotong royong akan terasa lebih ringan, karena ….

44.  Pekerjaan yang berat akan menjadi … jika dilakukan secara bergotong royong.

45.  Piket membersihkan kelas merupakan salah satu penerapan gotong royong di ….

C.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar!

46.  Tuliskan 4 manfaat gotong royong!

47.  Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan?                                                                (HOTS)

48.  Mengapa dalam hidup bermasyarakat kita harus bergotong royong?

49.  Tuliskan 3 contoh kegiatan gotong royong di sekolah!

50.  Tuliskan bunyi pasal 34 ayat 1 UUD 1945!



Demikian Soal Latihan Asesmen Sumatif Akhir Semester 2 Seni Tari Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka TP 2022/2023. 
Sahabat Rumah Belajarku beri komentarnya ya semoga bermanfaat....🙏



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2 - MATEMATIKA - KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2024

  LATIHAN SOAL ASESMEN SUMATIF AKHIR SEMESTER 2 - MATEMATIKA - KELAS 4 SD KURIKULUM MERDEKA TAHUN 2024 Penilaian atau assesmen sumatif pada ...