Sahabat rumah belajarku, berikut merupakan kisi-kisi USBN SD Tahun 2017/2018. Kali ini kami tampilkan mata pelajaran Bahasa Indonesia terlebih dahulu.
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
Jenis Sekolah : Sekolah Dasar
(SD)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kurikulum : Irisan Kur
2006 & 2013
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 40 Pilihan Ganda; 5 Uraian
Tahun Pelajaran : 2017/2018
NO
|
Lingkup Materi
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
|
Level Kognitif
|
Bentuk Soal
|
|
A.
Membaca
|
|||||||
1
|
Membaca
Nonsastra
|
Teks bacaan
|
·
Disajikan
teks bacaan tentang lingkungan 3-4 paragraf, peserta didik dapat menentukan
o
kalimat utama
o
ide pokok
o
simpulan
o
pernyataan
sesuai dengan isi
o
kalimat tanya
|
1
2
3
4
5
|
L1
|
PG
|
|
·
Disajikan
paragraf penjelasan tentang energi listrik dan perubahannya, peserta didik
dapat:
o
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya (bagaimana/Mengapa)
o
menentukan
antonim
o
menentukan sinonim
|
6
7
8
|
L2
L1
L1
|
PG
|
||||
Makna Kata/Istilah
|
·
Peserta
didik dapat memaknai kata/ istilah dalam paragraf yang tersaji
|
9
|
L1
|
PG
|
|||
Paragraf
|
·
Disajikan
paragraf tentang kebersamaan dalam keberagaman, peserta didik dapat:
o
menanggapi isi paragraf
o
Menentukan
makna kata dalam paragraf
|
10
11
|
L3
L1
|
PG
PG
|
|||
Kalimat pernyataan
|
·
Disajikan
teks instruksi tentang penggunaan alat teknologi modern, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang sesuai
|
12
|
L3
|
PG
|
|||
Prediksi isi teks
|
·
Disajikan
teks penjelasan tentang energi alternatif, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
|
13
|
L1
|
PG
|
|||
Jenis-jenis paragraf
|
·
Disajikan
paragraf, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis paragraf tersebut
|
14
|
L2
|
PG
|
|||
Persamaan/ perbedaan
isi paragraf
|
·
Disajikan
dua teks yang berbeda, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan isi
teks
|
15
|
L2
|
PG
|
|||
Makna tersirat
|
·
Disajikan
paragraf peserta didik dapat menentukan makna tersirat paragraf
|
16
|
L3
|
UR
|
|||
Teks bacaan
|
·
Disajikan
teks 3 – 4 paragraf peserta didik dapat
o
melengkapi
tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks
o
menjawab
pertanyaan dengan kata tanya mengapa/bagaimana
|
17
18
|
L3
L2
|
UR
UR
|
|||
2
|
Membaca
Sastra
|
Pantun
|
·
Disajikan
pantun, peserta didik dapat menentukan
o
sampiran/ isi pantun
o
Menafsirkan
pesan/amanat pantun
|
19
20
|
L1
L3
|
PG
PG
|
|
Cerita anak
|
·
Disajikan
cerita anak, peserta didik dapat menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan
kata tanya:
o
Bagaimana/mengapa
o
Menentukan
tema cerita
o
Menentukan
keteladanan tokoh cerita
o
Menentukan
nilai moral positif dalam cerita
o
Menyimpulkan
cerita
|
21
22
23
24
25
|
L2
L2
L2
L2
L3
|
PG
PG
PG
PG PG |
|||
Cerita fiksi sejarah
|
·
Disajikan
kutipan cerita fiksi sejarah, peserta didik dapat menentukan:
o
tokoh utamanya
o
sifat/watak
tokoh
o
latar
cerita
o
amanat
cerita
|
26
27
28
29
|
L1
L1
L1
L2
|
PG
PG
PG PG |
|||
Dongeng
|
·
Disajikan
kutipan dongeng, peserta didik dapat
o
memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
o
Menentukan
maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
|
30
31
|
L3
L2
|
PG
PG
|
|||
Makna simbol/ kias
|
·
Disajikan
teks beserta gambar logo (Pramuka/Pos Indonesia/ Koperasi/Jaya Raya), peserta didik dapat menentukan makna simbol/
kias dalam kalimat
|
32
|
L1
|
PG
|
|||
B.
Menulis
|
|||||||
3
|
Menulis
Terbatas
|
Istilah
|
·
Disajikan teks pendek tentang lingkungan,
peserta didik dapat melengkapi teks dengan istilah
|
33
|
L2
|
PG
|
|
Petunjuk penggunaan/
pemakaian
|
·
Disajikan susunan kalimat petunjuk penggunaan peralatan
sekolah / peralatan kebersihan yang diacak, peserta didik dapat menyusun
secara runtut
|
34
|
L2
|
PG
|
|||
Kata
|
·
Disajikan kalimat rumpang, peserta didik dapat
melengkapi dengan kata
|
35
|
L2
|
PG
|
|||
Petunjuk membuat
sesuatu
|
·
Disajikan susunan kalimat petunjuk membuat sesuatu
yang diacak, peserta didik dapat menyusun secara runtut
|
36
|
L2
|
PG
|
|||
Teks Iklan
|
·
Disajikan gambar tentang pelestarian
lingkungan, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat iklan
|
37
|
L2
|
PG
|
|||
Peribahasa
|
·
Disajikan teks rumpang tentang nilai
perjuangan peserta didik dapat melengkapi dengan peribahasa
|
38
|
L2
|
PG
|
|||
Paragraf / teks
deskripsi
|
·
Disajikan gambar makhluk hidup / lingkungan, peserta
didik dapat menyusun paragraf deskripsi berdasarkan gambar
|
39
|
L3
|
UR
|
|||
Kata baku
|
·
Disajikan kutipan pidato rumpang tentang hidup
sehat, peserta didik dapat melengkapi dengan kata baku
|
40
|
L2
|
PG
|
|||
Teks narasi
|
·
Disajikan beberapa kalimat yang diacak,
peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf narasi
|
41
|
L2
|
PG
|
|||
Membuat Laporan
|
·
Disajikan laporan rumpang tentang pengamatan
gejala alam, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat
|
42
|
L2
|
PG
|
|||
Paragraf deskripsi
|
·
Disajikan paragraf deskripsi tentang tumbuhan
/ hewan peliharaan, peserta didik dapat menentukan gambar yang sesuai
|
43
|
L2
|
PG
|
|||
Kalimat pembuka
Pidato
|
·
Disajikan teks pidato persuasif rumpang, peserta
didik dapat melengkapi dengan kalimat
|
44
|
L2
|
PG
|
|||
Ungkapan kata
|
·
Disajikan paragraf / kalimat, peserta didik
dapat melengkapi dengan ungkapan
|
45
|
L1
|
PG
|
|||
Penggunaan kata
|
·
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat menunjukkan kesalahan penggunaan kata
|
46
|
L1
|
PG
|
|||
Kata bentukan/ kata
berimbuhan
|
·
Disajikan teks/kalimat
rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kata bentukan
|
47
|
L2
|
PG
|
|||
Petunjuk penggunaan
|
·
Disajikan gambar barang elektronik, peserta
didik dapat membuat paragraf petunjuk penggunaan
|
48
|
L3
|
UR
|
|||
Penggunaan kata
|
·
Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat
memperbaiki penulisan/penggunaan kata
|
49
|
L3
|
PG
|
|||
4
|
Menyunting
kata/istilah, frase
|
Ejaan
|
·
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat memperbaiki kesalahan ejaan pada paragraf
|
50
|
L2
|
UR
|
|
Tanda baca
|
·
Disajikan
paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan tanda baca pada
kalimat
|
51
|
L2
|
PG
|
|||
Penggunaan istilah
|
·
Disajikan
paragraf/kalimat, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan istilah
|
52
|
L2
|
PG
|
|||
Kata bentukan/
berimbuhan
|
·
Disajikan kalimat,
peserta didik dapat memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada
kalimat
|
53
|
L2
|
PG
|
|||
Tata kalimat
|
·
Disajikan paragraf,
peserta didik dapat memperbaiki tata kalimat pada paragraf
|
54
|
L2
|
PG
|
Demikian kisi-kisi USBN SD Tahun 2017/2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, nantikan kisi-kisi Mata Pelajaran yang lain. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar