Sahabat rumah belajarku, setelah kisi-kisi USBN SD Tahun 2017/2018 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kami tampilakan . Kali ini kisi-kisi Mata Pelajaran Matematika.
KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH/MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (US/M-SD)
MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
NO
|
LINGKUP
MATERI
|
MATERI
|
LEVEL
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NOMOR
SOAL
|
1
2
|
Bilangan
|
Operasi
hitung bilangan cacah
|
L1
|
· Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan
dan pengurangan
bilangan cacah (minimal empat
angka)
|
PG
|
1
|
L1
|
· Peserta didik dapat menentukan hasil operasi
perkalian dan
pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya
|
PG
|
2
|
|||
L3
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi
hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah (operasi
hitung campur)
|
UT
|
39
|
|||
Operasi
hitung bilangan bulat
|
L2
|
· Peserta
didik dapat melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat (minimal tiga
bilangan dua angka)
|
PG
|
3
|
||
L2
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
|
PG
|
4
|
|||
Operasi
hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung hasil operasi hitung
penjumahan atau pengurangan bilangan
pangkat dua dan akar pangkat dua
|
PG
|
5
|
||
L1
|
·
Peserta didik dapat menentukan akar pangkat tiga suatu
bilangan
|
PG
|
6
|
|||
L3
|
· Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi
hitung bilangan akar pangkat tiga
|
PG
|
7
|
|||
KPK dan
FPB
|
L1
|
· Peserta didik menentukan
FPB atau KPK dari
tiga bilangan/dua angka
|
PG
|
8
|
||
L2
|
· Peserta didik dapat menentukan FPB atau KPK
dari dari
tiga bilangan/ dua angka dalam bentuk faktorisasi
|
PG
|
9
|
|||
L3
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan FPB atau
KPK
|
UT
|
40
|
|||
Pecahan
|
L1
|
· Peserta didik dapat mengurutkan
berbagai bentuk pecahan
|
PG
|
10
|
||
L1
|
·
Peserta didik dapat menjumlahkan atau mengurangi berbagai bentuk
pecahan
|
PG
|
11
|
|||
L1
|
·
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian atau pembagian
bilangan pecahan
|
PG
|
12
|
|||
L3
|
·
Peserta
didik dapat menyelesaikan
masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan
pecahan
|
UT
|
41
|
|||
Perbandingan
|
L2
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah yang
melibatkan perbandingan senilai dengan tema
tertentu
|
PG
|
13
|
||
L2
|
· Peserta didik
dapat menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema tertentu
|
PG
|
14
|
|||
Geometri dan Pengukuran
|
Satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan
waktu, satuan volum
|
L2
|
·
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi
satuan berat yang berbeda.
|
PG
|
15
|
|
L2
|
· Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang
berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda
|
PG
|
16
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu
yang berbeda
|
PG
|
17
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan
kuantitas yang berbeda
|
PG
|
18
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan operasi hitung konversi
satuan volume yang berbeda
|
UT
|
42
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat menyelesaikan
masalah penalaran yang berkaitan dengan waktu, jarak,
dan kecepatan
|
UT
|
43
|
|||
Luas dan
keliling segiempat
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menentukan
luas atau keliling bangun segiempat
|
PG
|
19
|
||
Luas dan
Keliling lingkaran
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menentukan
luas atau keliling bangun lingkaran atau bagian dari lingkaran (setengah,
seperempat, atau tiga perempat)
|
PG
|
20
|
||
Sifat-sifat
bangun datar
|
L1
|
·
Disajikan sifat-sifat bangun
datar, peserta didik dapat menentukan bangun datar tersebut
|
PG
|
21`
|
||
L1
|
·
Disajikan gambar bangun datar, peserta
didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
|
PG
|
22
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung
hasil luas gabungan dua bangun datar yang berbeda
|
PG
|
23
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan luas bangun datar
|
PG
|
24
|
|||
Sifat-sifat
bangun ruang
|
L1
|
·
Disajikan sifat-sifat bangun ruang,
peserta didik dapat menentukan bangun ruang tersebut
|
PG
|
25
|
||
L1
|
·
Disajikan gambar bangun ruang, peserta
didik dapat menentukan sifat-sifatnya.
|
PG
|
26
|
|||
L2
|
·
Disajikan gambar balok dengan
ukurannya, peserta didik dapat menentukan luas permukaan bangun balok
|
PG
|
27
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung
volum bangun balok atau kubus
|
PG
|
28
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung
volum bangun tabung
|
PG
|
29
|
|||
L2
|
·
Peserta didik dapat menghitung
volum dari gabungan dua bangun ruang yang berbeda.
|
PG
|
30
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volum bangun ruang
|
UT
|
44
|
|||
Koordinat
Kartesius
|
L2
|
·
Peserta didik dapat menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum
diketahui
|
PG
|
31
|
||
Simetri
dan pencerminan
|
L1
|
· Peserta didik dapat menentukan
hasil pencerminan bangun datar
|
PG
|
32
|
||
L1
|
· Peserta didik dapat menentukan banyaknya sumbu
simetri pada salah satu
bangun datar
|
PG
|
33
|
|||
3
|
Pengolahan
Data
|
Penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram
lingkaran
|
L2
|
·
Disajikan data tentang kegiatan
ekonomi, peserta didik dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk tabel
|
PG
|
34
|
L2
|
·
Disajikan data bertemakan
pendidikan , peserta didik dapat menyajikan data tersebut dalam bentuk
diagram batang atau diagram lingkaran
|
PG
|
35
|
|||
L2
|
·
Disajikan data dalam bentuk
diagram batang atau lingkaran, peserta didik dapat menafsirkan sajian data
tersebut
|
PG
|
36
|
|||
Rata-rata hitung dan modus
|
L2
|
·
Disajikan sekumpulan data, peserta
didik dapat menentukan rata-rata data tersebut
|
PG
|
37
|
||
L1
|
·
Disajikan sekumpulan data, peserta
didik dapat menentukan modus data tersebut
|
PG
|
38
|
|||
L3
|
·
Peserta didik dapat
menyelesaikan masalah penalaran yang bertemakan makhluk hidup yang berkaitan dengan rata-rata
|
UT
|
45
|
Demikian kisi-kisi USBN SD Tahun 2017/2018 Mata Pelajaran Matematika, nantikan kisi-kisi Mata Pelajaran yang lain. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar